Monday, October 5, 2009

Nisaku Dah Pinter Baca!


Nisaku sudah mulai pinter baca secara di eja waktu dia TK A, kalau lagi jalan-jalan dia akan nunjuk tulisan yang ada di billboard atau iklan-iklan sepanjang jalan, awalnya saya sempat kaget juga dia bilang : "Nokia! ma itu betul kan Nokia..?" langsung saja saya respon "Wah.. Pinter! Kakak udah pinter baca!" kemudian saya tunjuk ke arah iklan yang lain "Kalau yang itu apa Kak..,? "Sony...!" Jawabnya, tentunya saya kagum sama Nisaku. Memang kebiasaan tiap kami jalan kemanapun saya atau papahnya selalu melatih dia baca dan tanya dia "Itu tulisannya apa Kak?" dan langsung dia akan eja dan menjawabnya.

Memasuki awal kenaikan lalu, cara membaca Nisaku masih di eja tapi lucunya pada tahap ini dia gak mau ngeja dengan cara yang biasa dulu saya belajar semisal kata Guru, ejanya: ge u gu.. er u ru.. Guru.. alasannya "Aku mau baca ejanya dalam hati saja Ma,.." dan kemudian dia akan memperhatikan kalimat yang saya minta untuk baca dan dia akan mulai fokus ke huruf itu dan membacanya: "Kelinci..!", tetapi kadang dia masih sedikit kesulitan baca rangkaian kalimat tiga huruf sambung yang masih asing di dengar semisal : Mengigau, terpingkal-pingkal, etc...

Seminggu setelah dia mulai terbiasa eja di dalam hati itu awalnya cara bacanya agak lama, kemudian mulai lancar... dan pinternya lagi anakku itu (cie..cie..) kalau ketemu kalimat yang sudah sering di dengar dia akan cepat bacanya yang kadang malah jadi salah karena terburu-buru, misal tulisannya berendam karena pengennya buru-buru jadi berantem... eheheh...

Saya sudah menghadiahi dia buku-buku bacaan kesukaannya, minimal dia bisa berlatih membaca dan menulis agar lebih lancar.... sekarang apapun, dimanapun (tanpa minumnya.. ehehe..) pasti dia akan baca... bagiamanapun gak akan pernah ada seorang ibu yang tidak bangga dengan anaknya ya kan? How I'm proud to her!



No comments: