Friday, July 6, 2007

Pendidikan HomeSchooling

Ngutip dikit dari Kak Seto: "Setiap anak pada dasarnya cerdas, setiap anak mempunyai hak yang sama untuk mendapatkan pendidikan. Dan, setiap anak sedapat mungkin memperoleh pendidikan yang layak bagi diri mereka.
Namun dalam pengalaman dilapangan menunjukan bahwasannya banyak anak mendapatkan pengalaman kurang menyenangkan selama bersekolah. Sebut saja, kasus bullying, bentakan dan kekerasan dari guru bahkan pemasungan kreatifitas anak. Pengalaman-pengalaman yang kurang berkesan tersebut menimbulkan phobia terhadap sekolah (School Fobia)bagi anak dan orang tua.
Kemudian upaya penyeragaman kemampuan dan keterampilan semua anak untuk seluruh bidang turut mematikan minat dan bakat anak yang tentunya berbeda-beda, karena setiap anak adalah unik. Lebih jauh lagi, kurikulum yang terlalu padat dan tugas-tugas rumah yang menumpuk membuat kegiatan belajar menjadi suatu beban bagi sebagian anak. Melihat kondisi ini, maka perlu dicarikan solusi alternative bagi anak-anak yang kurang cocok dengan sistem pendidikan formal, salah satu bentuk kegiatannya yaitu HomeSchooling?...."

Berniat untuk memasukan Nisa ke HomeSchooling? gak tau juga..., pada dasarnya secara diatas itu benar...Untuk sekarang ini gw hanya mengarahkan saja anak gw lebih seneng apa, dan biarkan anak bereksplorasi apa saja yang penting positif dan kreatif. *Hmm...sambil merenung andaikan pendidikan di Indonesia itu....*

1 comment:

Anonymous said...

homeschooling memang bisa jadi alternatif pilihan, saat sekolah formal udah gak bisa lagi di andalin, tapi kayaknya sekarang banyak juga dari sekolah formal yang udah ngerubah metode pengajarannya. yang jelas berikan buat anak yang terbaik, karena memaksakan kehendak orang tua dalam bentuk apapun hanya akan membunuh kreatifitas anak *sok tau* :D

smoga Nisa jadi anak yang pinter dan bisa memberi kebanggan kepada orang tuanya